Inilah 7 Manfaat Jahe yang Jarang Diketahui

Salah satu rempah kekayaan yang dimiliki Indonesia adalah jahe. Banyak diantara kita memanfaatkan jahe hanya sekedar untuk minuman penghangat saja, padahal sesungguhnya jahe mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Oleh sebab itu perlu kita ulas manfaat jahe bagi kesehatan. Berikut manfaat jahe untuk kesehatan yang harus Anda ketahui oleh kita semua. Seperti yang dikutip dari www.go-dok.com setidaknya ada 7 manfaat yang ada pada jahe untuk kesehatan kita.

  1. Meringankan gejala mual dan pusing, kebanyakan dari kita, apabila merasa mual tiba-tiba kita langsung mencari obat ke toko atau apotik. Sebenarnya kita dapat meanfaatkan jahe untuk meringankan mual tersebut, bisa dalam bentuk hangat atau dingin. Memang untuk jahe akan lebih nikmat jika diminum hangat seperti wedang jahe. Alasan utamanya adalah jahe atau minuman yang terbuat dari jahe dapat memperlancar peredaran darah ke otak. Kondisi pusing atau mual dikarenakan ada masalah kelancaran peredaran darah ke otak, disinilah fungsi jahe tersebut agar dapat meminimalisir penyebab masalah kelancaran darah ke otak tersebut seperti pusing ataupun mual.
  2. Mengurangi gejala osteoarthritis, gejala osteoarthritis yaitu kondisi dimana ada masalah gangguan kesehatan pada sendi di beberapa bagian tubuh, seperti tangan, lutut, dan pinggul terasa nyeri dan kaku. Pada kondisi tersebut, kita sering panik dan segera ke dokter ataupun beli obat di pasaran, padalah ada solusi untuk meringankan persoalan tersebut, bagaimana solusinya? Ya, anda harus rutin mengonsumsi jahe. Mengapa demikian? karena jahe dapat menurunkan produksi zat kimia yang memicu peradangan pada sendi. Selain itu, jahe juga terbukti merangsang produksi asam salsilat yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.
  3. Menurunkan berat badan, bagi sebagian orang yang mengalami berat badan, tentu merasa tidak nyaman. Mau bergerak serasa badan ini berat. Oleh sebab itu, untuk mengurangi berat badan tersebut maka anda rutin meminum jahe tidak lain karena dengan mengkonsumsi secara rutin dapat memperlebar pembuluh darah; kondisi ini akan meningkatkan suhu tubuh secara perlahan? Sehingga akan dapat menurunkan berat badan.
  4. Menjaga kesehatan jantung, dalam kandungan jahe terdapat senyawa yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida berlebih di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin kadar kadar kolesterol dan trigliserida dapat terkurangi, dengan demikian kesehatan jantung akan terjaga.
  5. Meningkatkan imunitas tubuh, manfaat selanjutnya dari jahe adalah dengan rutin meminum jahe maka fungsi kekebalan tubuh kita akan terhjaga, sehingga potensi virus dan bakteri pemicu penyakit dapat terkurangi. Mengapa demikian? Karena jahe mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal agen-agen radikal bebas yang merugikan tubuh.
  6. Mengobati batuk dan pilek, batu dan pilek sebenarnya karena menggumpalnya lendir yang mengganggu pernafasan kita. Nah dengan kita meminum jahe maka lendir dapat hancur dan pecah sehingga pernafasan kita kembali lancar.
  7. Mengatasi nyeri dan memar, senyawa anti-inflamasi yang terkandung di dalam jahe memang terbukti efektif untuk meredakan memar sekaligus meminimalisir rasa nyeri yang timbul. Bahkan dengan minum secara rutin senyawa anti-inflamasi ini dapat mengobati rematik.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung di dalam jahe, jahe tidak hanya untuk minuman penghangat tubuh saja namun mempunyai manfaat yang lebih dari sekedar penghangat tubuh tersebut. namun saran saya jangan pula minum secara berlebihan karena dengan meminumnya secara berlebihan bisa jadi malah menyebabkan bisa jadi malah berdampak negatif seperti diare dan lain-lain…..so, konsumsi secukupnya agak kita tetap dalam keadaan sehat wal afiat….semoga bermanfaat, amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *