Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah anda? Ternyata Alpukat bersal dari Negara Mexiko dan Amerika Tengah, tumbuhan ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada abad 19 (https://id.wikipedia.org/wiki/Apokat). Buah ini mempunyai nama asli avokad, atau Persea Americana. Di Indonesia, buah ini dapat tumbuh dengn baik di dataran tinggi seperti pegunungan maupun Gunung. Sebagai Negara tropis dan memiliki dataran tinggi yang sangat banyak, tentu Indonesia sangat potensial untuk buah ini.
(Umumnya), Pohon alpokat mempunyai ketinggian batang mencapai tinggi 20 m dengan daun mencapai 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.
Meskipun buahnya tampak biasa saja, sesungguhnya buah alpokat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita karena di dalam alpukat mengandung:
Protein
Setiap buah alpukat memiliki kurang lebih 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingan dengan buah lain. Adapun Manfaat protein yang terkandung dalam buah alpukat ini memang sangat baik untuk tubuh kita
Serat
Buah yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat serat sendiri dalam tubuh manusia sangat membantu terhadap proses pencernaan.
Vitamin dan Mineral
Seperti buah lainnya, tentu alpukat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Diantaranya kalium (Kandungannnya lebih besar daripada pisang). vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2. Manfaat vitamin K merupakan sumber nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan bayi, jadi akan sangat baik jika bayi anda rutin mengkonsumsi buah alpukat. Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting, yang membantu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan
Lemak sehat
Jangan salah, lemak yang ada di alpukat adalah lemak baik, porsinya mencapai sekitar ¾ dari jumlah kalori dari buah alpukat. Kandungan lemak dalam Alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Manfaat lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko stroke dan jantung disease.
Gula
Kandungan Gula yang ada dalam buah alpukat ini relative kecil yakni 0.2 g gula, jadi tidak terlalu berbahaya khususnya akan gula darah.

Manfaat.
Apokat memiliki banyak manfaat diantaranya
1. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur.
2. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar.
3. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit.
4. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah apokat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *