Manfaat Daun Buah Surga “Buah Tin” Untuk Kesehatan

Buah tin merupakan salah satu dari beberapa buah yang dibadikan di dalam Alquran. Tepatnya surat Attin 1-2. Tentu menjadi pertanyaan besar bagi kita semua, mengapa Allah memilih buah tin kok bukan buah lain? Tentunya ada rahasia yang luar biasa di dalam buah ini. Nama “Tin” diambil dri bahasa Arab yang merupakan pohon seperti beringin yang dapat hidup dimana-mana, bahkan akhir-akhir ini buah tin sudah di budidayakan di seantero Indonesia. Bukan tanpa alas an, tetapi karena manfaat yang diperoleh dari buah tersebutlah yang menjadi dasar untuk membudidayakannya.
Selama ini orang sering berfikir bahwa hanya buah tin saja yang bermanfaat bagi kesehatan, sebenarnya tidak. Daunnya pun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat dari daun buah tin. Dikutip dari https://manfaat.co.id/20-manfaat-buah-tin-bagi-kesehatan dan http://www.cantikitu.com , berikut manfaat daun dari buah surga tersebut untuk kesehatan.

1. Mampu menurunkan tingkat trigliserida, Trigliserida merupakan jenis kolesterol jahat yang ada dalam tubub kita, semakin tinggi lemak jahat/kolesterol tersebut maka akan semakin berbahaya sekali bagi kesehatan. Untuk menurunkannya, Anda dapat mengonsumsi teh dari daun pohon ara atau tin. Selain membantu menurunkan trigliserida, kandungan mineral dalam teh ara juga cukup baik untuk menyegarkan tubuh.
2. Meluruhkan batu ginjal, Khasiat daun pohon tin atau ara selanjutnya adalah meluruhkan batu ginjal. Daun pohon ara mengandung saponin dan alkaloid yang bersifat diuretik, sifatnya inilah yang dapat melarutkan kotoran dan batu pada organ ginjal secara maksimal. Anda bisa mendapatkan khasiat daun ara tersebutr dengan merebus dan mengonsumsinya secara rutin setiap hari, usahakan sehari minimal konsumsi sebanyak 1 kali saja.
3. Mengontrol kadar gula dalam darah, Selain buahnya berkhasiat menurunkan kadar gula dalam darah, daun ara ternyata juga berkhasiat untuk mengontrol kadar gula dalam darah secara optimal. sebab daun tin dipercaya mampu meningkatkan sensitivitas hormon insulin dalam memecah glukosa dalam tubuh.
4. Meningkatkan sistem imun tubuh (kekebalan), Konsumsilah teh daun ara secara rutin setiap harinya, dengan kandungan bio-flavonoid, polifenol, dan vitamin C yang bersifat antioksidan, sistem kekebalan tubuh Anda akan semakin meningkat. Sehingga tubuh akan lebih kuat dalam menangkal berbagai macam serangan penyakit, baik itu penyakit ringan ataupun penyakit yang bersifat bahaya.
5. Memperkuat Tulang, Manfaat pertama dari daun tin yang sangat layak untuk diketahui ialah, karena daun tin ternyata dapat membuat tulang menjadi lebih kuat. Bukan tanpa sebab, namun hal itu dapat terjadi karena daun tin memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat memperkuat tulang. Ada baiknya untuk mengkonsumsi daun tin secara teratur untuk mendapatkan tulang yang lebih kuat sebagai pengganti manfaat susu.
6. Menormalkan Nafsu Makan, Daun tin juga berfungsi untuk menormalkan nafsu makan, karena daun tin ternyata mampu mengendalikan hormon-hormon pencernaan. Manfaat ini dapat dicoba terutama bagi anak-anak yang sedang mengalami susah makan.
7. Mengurangi Penyakit Sesak Nafas, Khasiat daun tin yang lain dapat digunakan sebagai pengobatan sesak nafas bagi yang menderita penyakit asma yang menahun. Cara pembuatannya juga cukup mudah yaitu : Siapkan daun tin secukupnya, Rebus dengan air hingga mendidih, minum rebusan ini sebanyak 2 kali sehari, hingga asma berangsur-angsur membaik
8. Mencegah Penyebaran Sel Kanker, Manfaat dari daun tin yang hingga kini masih terus diteliti ialah mengenai kemampuannya untuk mencegah penyebaran sel kanker. Hal ini tentu disebabkan karena daun tin yang mengandung manfaat antioksidan yang tinggi sehingga sangat cocok untuk para penderita kanker yang ingin mendapatkan kesembuhan.
9. Menstabilakan Detak Jantung, Bagi orang yang mengalami masalah detak jantung yang kerap kali tidak stabil, akan membuat dada terasa berdebar-debar dan tak nyaman. Anda perlu mencoba khasiat dari daun tin yang ternyata dapat membantu menormalkan denyut jantung.
10. Menghilangkan Bakteri Jahat, Seperti halnya prebiotik yang dapat menambah jumlah bakteri baik yang ada di dalam tubuh, daun tin ternyata juga dapat membunuh bakteri jahat yang ada pada tubuh. Sumber prebiotik lainnya juga terdapat dalam manfaat yohurt.
11. Menurunkan Kadar Kolesterol, Kolesterol sangat berbahaya untuk kesehatan, apalagi jika kadar kolesterol jahat. Khasiat daun tin ternyata dapat diturunkan dengan meminum air rebusannya. Kadar kolesterol dalam darah sangat berbahaya, terutama untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
12. Menambah Kadar Hemoglobin, Daun tin juga dapat meningkatkan produksi zat besi, seperti yang ditemui pada manfaat bayam. Bagi anda yang memiliki kadar hemoglobin rendah sangat cocok untuk meminum rebusan daun tin, agar kadar hemoglobin menjadi meningkat dan kembali normal.
13. Membantu Proses Diet, Bagi yang sedang diet dan ingin mengurangi berat badan, maka daun tin dapat menjadi solusi untuk menurunkan badan dengan cepat. Daun ini diketahui dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebihan, sehingga menjadi lebih sehat dan memiliki bentuk tubuh yang indah.

Itulah berbagai manfaat buah tin si “buah dari surga”. Untuk mendapatkan semua khasiat buah tin diatas, silahkan konsumsi jus buahnya dan gunakan masker daging buah tin secara rutin setiap hari. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *