5 ALASAN, MENGAPA SPANYOL (AKAN) JUARA PIALA DUNIA 2018

Pada 2 dekade sebelumnya, sepak bola timnas spanyol tidak banyak diperhitungkan di eropa apalagi piala dunia, meskipun liga yang dimilikinya bias dibilang liga terbaik di dunia, dimana ada 2 nama besar dengan pemain-pemain besar ya, Barcelona dan Real Madrid. Sekarang? Dalam satu decade ini dapat dikatakan sebagai dekade tersukses bagi timnas Spanyol. Masa-masa keemasan Iker Casillas, duet Xavi Hernandez-Andres Iniesta yang begitu dominan, dan tentu saja permainan sepak bola indah yang begitu melegenda, mampu membawa Spanyol menjadi juara tiga turnamen besar berturut-turut.

Now, Spanyol kembali dengan pernyataan bahwa mereka mampu menjadi yang terbaik lagi, mereka mampu menjadi juara di Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Adalah Julen Lopetugui dan anak buahnya baru saja menghancurkan salah satu pesaing terberat dalam memperebutkan trofi Piala Dunia nanti, Italia, dengan skor 3-0. Dalam pertandingan itu, ada satu pemain yang begitu menonjol. Ia adalah Francisco Roman Alarcon Suarez, atau yang lebih dikenal dengan nama Isco.

Hebatnya lini tengah Timnas Spanyol

Kita semua tahu bahwa sepakbola, apalagi sekelas timnas, bukanlah permainan individu dan hanya mengedepankan satu nama, walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa selalu ada 1 pemain yang paling menonjol yang dimiliki timnas Spanyol saat ini.

Kita tentu ingat bahwa salah satu faktor yang membuat Spanyol begitu merajalela di periode 2008-2012 adalah dominasi Xavi-Iniesta di lapangan tengah? Saat ini, lini tengah Spanyol dapt dikatakan sebagai yang terbaik di dunia. Selain Isco, masih ada Sergio Busquets yang menyempurnakan duet Xaviesta dulu.

Lalu ada nama-nama lain yang lebih muda namun tak kalah berkualitas seperti Marco Asensio, Koke, Saul Niguez, dan Thiago Alcantara. Regenerasi Spanyol di posisi gelandang berlangsung dengan baik sekali dan bukan tidak mungkin, dominasi Xaviesta akan terulang lagi di kaki pemain-pemain muda ini.

Berikut 5 alasan mengapa spanyol pantas menjadi juara piala dunia rusia 2018. Dikutip dari http://football-tribe.com dan www.bolasport.com

  1. Stok Pemain Berkualitas yang Melimpah, Selain skuat yang didaftrakan di Kualifikasi Piala Dunia, Spanyol masih punya sederet pemain berkualitas yang antre dipanggil Lopetegui. Para pemain tersebut semisal Diego Costa, Sergi Roberto, Vitolo, Nolito, Juan Mata, Ander Herrera dan pemain lainnya.
  2. Fleksibiltas Taktik, Julen Lopetegui menggunakan David Silva sebagai False 9 kala menjamu Italia di Santiago Bernabeu pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018, Minggu (3/9/2017) dini hari WIB. Sementara itu, Lopetegui menempatkan Alvaro Morata sebagai penyerang tengah murni pada laga kontra Liechtenstein, Rabu (6/9/2017) dini hari WIB. Hasil kedua laga sama-sama memuaskan, yaitu Italia tumbang 0-3 sedang Liechtenstein kalah telak 0-8. Artinya, Spanyol punya fleksibilitas taktik meski hanya menggunakan satu formasi, 4-3-3.
  3. Produktifitas Gol Tinggi, Spanyol telah menyarangkan 32 gol dalam delapan laga Kualifikasi. Jumlah itu cukup tinggi mengingat hanya Belgia dan Jerman yang mampu melampaui, yaitu 35 gol.
  4. Kombinasi Skuat yang Seimbang, Para pemain muda Spanyol sudah menjadi bagian skuat inti beberapa klub besar. Dani Carvajal (Real Madrid), Koke, Saul Niguez (Atletico Madrid), Alvaro Morata (Chelsea), dan Thiago Alcantara (Bayern Muenchen) adalah beberapa contohnya. Selain itu, mereka punya beberapa pemain senior sarat pengalaman macam Gerard Pique, Sergio Ramos dan Andres Iniesta, yang bisa memimpin pemain-pemain muda tersebut.
  5. Dominan Lawan Negara Kuat, Selama 12 bulan terakhir, Spanyol telah menghadapi Belgia, Prancis dan Inggris dalam pertandingan persahabatan dan mendapatkan hasil bagus untuk semuanya. Imbang 2-2 kontra Inggris, menang 2-0 kontra Belgia dan Prancis, tentu merupakan hasil yang positif untuk La Furia Roja. Pada kualifikasi Piala Dunia, Spanyol tak tersentuh kekalahan kontra Italia dengan hasil sekali seri (1-1) dan sekali menang (3-0).

Bagi yang buan pendukung spanyol, berikan alasanmu……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *